Kamis, 20 Februari 2014

Sobo Kebon Pesanguan

Perjalananku kali ini adalah ke Dusun Pesanguan, Desa Pesanguan, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Sebuah dusun yang letaknya berada di pinggiran Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Tujuan perjalananku kesana adalah bertemu dengan teman-teman petani yang sedang menjalankan program restorasi di sekitar kawasan TNBBS.

Untuk sampai di dusun itu aku melakukan perjalanan darat dan air dari Bogor. Dari Bogor - Merak - Bakauheni - Bandarlampung - Sedayu - Pesanguan. Dari Desa Sedayu ke Dusun Pesanguan, hanya bisa dijangkau dengan menggunakan roda dua (motor) mengingat medannya yang cukup terjal dan curam, terlebih jika musim penghujan, jalanannya akan semakin berlumpur dan licin. Dan kebetulan sekali waktu berkunjung disana adalah musim penghujan sehingga harus menggunakan alat bantu yang dipasang di ban motor supaya ban bisa mencengkeram tanah yang berlumpur itu.



Langkahku di antara jalan setapak yang berlumpur itu membawaku bertemu dengan beberapa jenis satwa, diataranya burung-burung kecil, kupu-kupu, capung dan serangga kecil.


Burung Bondol Haji

 Burung Kedasi

 
Burung Julang Emas





 
 Burung Kutilang

Burung tekukur

Burung Elang Brontok

Burung Madu



















































Tidak ada komentar: